Enter your keyword

Senin, 22 Mei 2017

Ciri-Ciri Telur Ayam Negeri dan Bedanya Dengan Telur Kampung

Ciri-ciri telur ayam negeri akan berbeda dengan telur ayam kampung baik dari segi bentuk dan juga warnanya. Memang di pasaran sangat terkenal beredar jenis-jenis telur ayam semacam ini, yaitu: telur ayam negeri dan telur ayam kampung. Keduanya sama-sama bisa diolah sebagai masakan maupun jika ingin untuk dikembangbiakkan. Anda harus paham betul tentang ciri telur ayam negeri dan cara membedakannya dengan telur ayam kampung agar nanti tidak salah memilih. Berikut kami infokan ciri-ciri yang bisa diandalkan ketika ingin memilih telur yang dijual di pasaran.

Ciri-ciri telur ayam negeri dan bedanya dengan ayam kampung
Telur ayam negeri atau juga suka dikenal sebagai ayam ras/ ayam leghorn adalah telur hasil dari ayam yang tumbuh akibat hasil pengembangbiakkan dari peternakan dan sudah diberi pakan berupa pemberian nutrisi, vitamin, dsb. Sedangkan telur ayam kampung adalah telur yang diambil dari ayam yang berkembangbiak secara liar. Jenis ayam kampung seperti ini umumnya tumbuh secara liar dengan cara mengonsumsi makanan alami seperti serangga, biji-bijian, dan ulat. Meski ada juga mereka yang mengembangbiakkan ayam kampung dan memberinya makanan berupa pelet (pur) alias pakan pabrikan.

Pertama dari segi harga, telur ayam negeri juga berbeda jauh dari telur ayam kampung. Ini bisa jadi salah satu cirinya jika Anda ingin beli telur ayam di pasaran. Umumnya telur ayam kampung akan dihargai jauh lebih mahal ketimbang telur ayam ras seperti ini. Selain masalah harga, ciri telur ayam negeri juga dapat dilihat dari bentuknya secara fisik, antara lain:

1.Telur ayam negeri lebih besar dari telur ayam kampung
Untuk berat biasanya telur ayam negeri akan jauh lebih besar dari telur ayam kampung kebanyakan.

2.Warna cangkang/ kulit telurnya berbeda
Cangkang telur ayam negeri umumnya berwarna coklat tua sampai dengan coklat muda, sedangkan telur ayam kampung biasanya berwarna putih krem. Cangkang telur ayam negeri juga cenderung lebih kasar dibandingkan dengan cangkang telur ayam kampung yang berkesan halus.

3.Warna kuning telurnya juga beda
Ciri telur ayam ras berikutnya adalah kalau telur dipecah maka akan nampak warna kuning telur ayam negeri kuning mulus, sedangkan warna kuning telur ayam kampung kelihatan jingga kemerahan.

4.Telur ayam negeri tak begitu amis
Dari segi baunya juga berbeda, biasanya telur ayam negeri tidak begitu amis jika dibandingkan dengan telur ayam kampung sebab kandungan protein telur ayam ras tak begitu tinggi.
Sebagai kesimpulan dari perbedaan telur kampung dan telur negeri adalah sebagai berikut:

- Harga telur negeri jauh lebih murah
- Ukuran telur negeri jauh lebih besar
- Cangkang telur ayam negeri lebih berwarna coklat, sedang telur kampung berwarna putih/krem
- Tekstur cangkang telur negeri lebih kasar
- Kuning telur negeri berwarna kuning, sedang telur kampung berwarna jingga kemerahan
- Bau telur negeri tidak begitu amis

Itulah beberapa ciri telur ayam negeri yang membedakannya dari telur ayam kampung. Setelah mengetahui ciri-ciri di atas maka sebaiknya jangan lagi salah memilih saat membelit telur negeri di pasaran. Meski nampaknya telur ayam negeri tidak begitu banyak mengandung protein dibanding telur kampung, namun telur ini rupanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan selain itu telur seperti ini banyak sekali digunakan sebagai hidangan lauk pauk atau hiasan untuk makanan. Semoga informasi di atas sangat bermanfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

INFOTELUR AYAM

Kami adalah Supplier Telur Ayam dengan skala besar, Siap memberikan harga terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.

: [email protected]




Popular

Formulir Kontak