Enter your keyword

Senin, 22 Mei 2017

Cara membedakan Telur Busuk dan Bagus

Cara membedakan telur busuk dan bagus memang gampang-gampang susah. Tak dapat dipungkiri bahwa telur merupakan sumber protein yang paling banyak dikonsumsi dan dijadikan pilihan oleh masyarakat Indonesia, bahkan oleh masyarakat dunia. Selain mudah diperoleh di berbagai tempat perbelanjaan, harga telur cukup terjangkau dibanding dengan sumber protein lainnya namun mengandung nutrisi lengkap serta berguna bagi tubuh. Telur juga dapat bertahan dalam suhu ruang dalam kurun waktu yang lama yakni hingga satu bulan. Namun lebih dari itu, telur haruslah disimpan dalam lemari pendingin dengan suhu menyesuaikan. Yang menjadi masalah selama ini ialah lupa menyimpan telur ke dalam kulkas sehingga membuat ragu apakah telur masih baik dikonsumsi atau sudah busuk.

Berbagai Cara Membedakan Telur Busuk dan Bagus
Untuk mengetahui kondisi telur masih dalam keadaan baik atau sudah busuk, terdapat beberapa cara untuk mengetahui ciri-ciri telur yang tidak baik dan yang baik. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan dengan mudah:

1.      Melihat tampilan fisik telur
Cara yang pertama untuk mengetahui kondisi telur ialah dengan melihat tampilan fisiknya. Pecahkan telur dan masukkan ke dalam piring atau mangkuk kemudian lihatlah tampilan kuning dan putih telur. telur yang masih baik, kuning telurnya berbentuk bulat cembung sempurna berada tepat di tengah dan menunjukkan warna kuning pekat serta tekstur yang sangat lengket. Sedangkan tampilan puith telur yang masih baik ialah sangat kental pekat dan sulit diambil. Apabila kuning telur sudah berwarna kuning crah dan putih telur sudah semakin cair, maka daat dijadikan indikator bahwa telur sudah dalam keadaan tidak segar.
2.      Memeriksa telur dengan api lilin atau lampu meja
Langkah lain untuk mengetahui kondisi telur yang mudah dilakukan ialah dengan menerawangkan telur pada api lilin atau lampu meja dengan bolam berwarna kuning. Ciri-ciri telur segar dengan pengecekan cara ini ialah tidak terdapat noda atau bercak kotoran paa telur. apabila saat menerawang terdapat noda atau bercak pada telur, itu artinya telur sudah dalam kondisi rusak atau bahkan sudah hampir busuk. Jika menemukan telur yang demikian, pecah saja dan lihat tektur dalamnya, apabila tidak menghasilkan bau tidak sedap, telur tersebu masih dapat dikonsumsi.
3.      Goyangkan telur perlahan
Kemudian, untuk mengetahui apakah telurmasih dalam kondisi baik atau tidak ialah dengan menggoyangkan atau mengoyakkan telur. Kocokan lembut pada telur akan memberikan indikator kualitas telur. jika terdengar suara atau terasa gerakan di dalam telur, maka telur tersebut sudah tidak segar atau sudah rusak. Telur yang masih segar tidak akan menimbulkan suara atau gerakan ketika dikoyak.
4.      Masukkan telur ke dalam gelas berisi air
Cara mengetes telur yang baik yang terakhir ialah dengan mengisikan air tawar dengan suhu normal pada gelas atau mangkuk. Kemudian masukkan sebutir telur yang ingin diketahui kondisinya. Telur yang masih baik atau segar akan tenggelam atau menyebtuh dasar gelas atau mangkuk. Apabila telur melayang atau sedikit terangkat, hal ini menunjukkan bahwa telur ayam sudah agak lama. Sedangkan telur yang sudah rusak atau bahkan busuk akan mengapung di atas permukaan air.

Setelah mengetahui beragam cara membedakan telur busuk dan bagus di atas, memastikan telur yang harus segera digunakan dan bisa disimpan untuk keperluan hari esok menjadi lebih mudah. Tandai telur yang masih baik dan beri tanda pula telur yang sudah harus segera dimasak atau diolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

INFOTELUR AYAM

Kami adalah Supplier Telur Ayam dengan skala besar, Siap memberikan harga terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.

: [email protected]




Popular

Formulir Kontak